Cara terbaik untuk merayakan Natal?

Natal.. musim yang indah! Tumbuh besar di Kanada membuat saya selalu berasumsi di seluruh dunia setiap orang merayakan Natal dengan cara yang sama seperti saya; menyanyikan lagu-lagu Natal dan membaca kisah kelahiran Yesus, berkumpul di sekitar pohon Natal dengan keluarga untuk membuka hadiah, makan malam kalkun dengan salju turun di luar.. ok, jadi mungkin saya tahu tidak setiap tempat ada salju. haha.

Tetapi, Natal pertamaku di Indonesia cukup mengejutkan karena tidak ada pertemuan dengan keluarga, pohon Natal, hadiah, atau makan malam kalkun; sebaliknya semua orang pergi ke gereja untuk ibadah 3-4 jam yang melibatkan banyak tarian, nyanyian, drama, dan banyak lagi! Pindah ke Malaysia beberapa tahun yang lalu saya menemukan cara baru untuk merayakan Natal di sana. Ternyata masing-masing budaya memiliki cara mereka sendiri untuk merayakan dan menikmati Natal.. Jadi, mana yang terbaik?

Saya di sini bukan untuk memulai perdebatan tentang negara dan budaya! Sebenarnya, saya pikir masing-masing budaya memiliki sesuatu yang indah di dalamnya.. tetapi, dapatkah saya menyatakan bahwa semua budaya juga memiliki kesalahan? Semua tampaknya menghabiskan banyak waktu dan uang tetapi lebih sering dihabiskan untuk diri sendiri, keluarga /teman atau pada acara-acara. Beberapa tahun terakhir saya telah memutuskan untuk keluar dari gaya Natal seperti ini. Hal yang paling membuka mata saya adalah selama musim ini sekolah kami selalu pergi untuk melakukan penginjilan dan kami pergi dengan membawa sembako bagi orang miskin dan terluka dan tidak hanya membawa makanan, tetapi membawa harapan dan kasih melalui Injil kepada mereka!

Mengunjungi rumah demi rumah melihat mereka yang sama sekali tidak punya apa-apa (kadang-kadang menangis karena sembako yang kami bawa) adalah pengingat dari semua yang saya miliki. Saya tidak membutuhkan hadiah apa pun untuk membuat saya bahagia.. Saya sudah memiliki begitu banyak. Dan untuk melihat bahwa masih ada begitu banyak yang bahkan tidak tahu tentang keselamatan yang indah yang ada di dalam Yesus. Banyak yang kagum akan betapa indahnya kabar baik itu!

Ketika salah satu dari orang-orang yang berharga ini memutuskan untuk percaya kepada Yesus, saya tahu bahwa semua surga merayakannya bersama mereka! Jadi, jika saya dapat membuat surga mengadakan perayaan dan Yesus dapat mengisi hati yang lain – bukankah itu cara terbaik untuk merayakan kedatangan Yesus ke bumi! Karena Dia datang untuk mencari dan menyelamatkan yang terhilang!

Kami baru saja melakukan hal ini beberapa hari yang lalu. Mengunjungi 70 keluarga yang sangat miskin dan dalam situasi sulit. Kami berbagi tentang Yesus berbagi sembako, mendoakan orang sakit, dan program gratis lainnya yang kami tawarkan. Kami merasa surga merayakan dan nama Yesus dimuliakan!

Jadi, bisa saya sarankan.. bukan tradisi atau budaya mana yang terbaik untuk dirayakan. Tetapi yang terbaik dari semuanya adalah ketika kita berhenti melihat harapan kita sendiri dan memberkati orang lain yang membutuhkan! Itulah hadiah terbaik dari semua yang bisa kita berikan kepada Yesus, dan bahkan memberi diri kita sendiri.

Desember  terindah & paling diberkati yang menanti mereka untuk memberkati .. !!

Susan Hoover

Categories
0 Comments
0 Pings & Trackbacks

Leave a Reply